Kebanyakan orang tua kurang menyadari penyebab obesitas pada anaknya. Kurangnya kontrol terhadap makanan yang dikonsumsi anak di luar rumah menjadi salah satu penyebab yang kurang disadari. Ketika kesehatan anak mengalami gangguan barulah orang tua menyadari kekeliruannya. Daripada berlarut menyesali kesalahan, lebih baik perbaiki kondisi anak dengan tips mengatasi obesitas.

Berikut ini tips yang dapat dilakukan agar berat badan anak tidak terus bertambah.

  1. Menjalankan pola hidup sehat

Pola hidup sehat selalu menjadi solusi untuk setiap gangguan kesehatan tanpa kecuali. Ketika seorang anak mengalami obesitas, kemungkinan besar keluarganya tidak menerapkan pola hidup tersebut. Untuk itu, seorang anak yang menunjukkan gejala atau positif obesitas, orang tua dan keluarganya harus menerapkan pola hidup sehat dengan tujuan si anak akan mengikuti pola tersebut.

  1. Masukkan sayuran dalam menu makan

Jika seorang anak menderita obesitas, orang tua harus memperhatikan asupan dan nutrisi anaknya. Mengurangi asupan karbohidrat merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi penambahan berat badan. Sebagai gantinya, lebih baik masukkan sayuran dalam setiap menu makan. Sayur termasuk makanan berserat tinggi yang dapat melancarkan pencernaan dan mencegah rasa lapar datang.

  1. Mengajak makan bersama

Cara yang satu ini sangat efektif untuk mengontrol jenis makanan yang dikonsumsi anak. Orang tua bisa memberikan asupan yang sesuai seperti sayur agar berat badan anak tidak naik terus. Dengan mengajak anak beserta anggota keluarga lain makan bersama di meja makan, hubungan antar anggota keluarga juga semakin terjalin. Makan bersama keluarga di meja makan banyak sekali manfaatnya.

  1. Perbanyak aktivitas di luar ruangan

Salah satu pemicu obesitas pada anak adalah kurangnya aktivitas di luar ruangan, apalagi sekarang gawai lebih mendominasi kegiatan anak. Terlalu banyak bermain gawai menyebabkan anak jarang sekali berolahraga. Padahal olahraga penting untuk membakar kalori dan lemak. Sebaiknya ajak anak melakukan aktivitas di luar seperti berolahraga, berjalan-jalan, bersepeda, atau berkebun.

  1. Menyediakan makanan atau camilan di rumah

Usaha mengatasi obesitas anak bisa menjadi sia-sia jika orang tua tidak mengontrol jajanan yang dimakan anak di luar rumah. Sebab, kandungan dalam jajanan di luar rumah tidak bisa dipastikan kandungan nutrisinya. Agar berat badan anak tidak terus bertambah, lebih baik sediakan makanan atau camilan sendiri. Jika akan berpergian, lebih baik bawakan anak bekal yang dibuat sendiri.

Tips mengatasi obesitas di atas membutuhkan peran orang tua sepenuhnya. Jangan sampai berat badan anak terus bertambah tak terkendali. Obesitas dapat memicu penyakit-penyakit berbahaya seperti diabetes, stroke, hingga penyakit jantung.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *