Memulai program yang sedang berjalan adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya untuk selamanya. Faktanya, berlari dapat menurunkan berat badan lebih banyak daripada bentuk olahraga lainnya. Tidak hanya itu, berlari juga dapat meningkatkan tingkat kebugaran Anda, meningkatkan stamina Anda, mengurangi tingkat stres dan risiko masalah kardiovaskular, dan sebagainya.

Namun demikian, berlari memiliki balutan yang buruk – terutama di antara orang yang kelebihan berat badan. Banyak yang meragukan keefektifan berlari untuk menurunkan berat badan, beberapa bahkan percaya hal itu dapat menyebabkan segudang cedera dan masalah. Meskipun ini benar sampai batas tertentu, tetapi dalam kenyataannya berlari bukan semata-mata untuk disalahkan; akar penyebab kebanyakan masalah adalah melakukan terlalu banyak terlalu cepat.

Karena itu, jika Anda kelebihan berat badan dan ingin mulai berlari, berikut adalah 2 langkah yang perlu Anda lakukan.

Langkah 1: Believe In Yourself

Rintangan pertama yang harus diatasi orang yang kelebihan berat saat berlari adalah menghadapi tantangan mental. Kebanyakan orang, kelebihan berat badan atau tidak, menghindar dari lari bukan karena kurangnya kecakapan fisik, tetapi kurangnya kepercayaan yang paling merusak. Namun pada kenyataannya, jika Anda bisa berjalan selama 30 hingga 40 menit tanpa berakhir di rumah sakit, Anda pasti dapat memulai program yang sedang berjalan.

Tetapi bagaimana jika Anda percaya bahwa Anda tidak cocok untuk menjadi pelari; mungkin karena disposisi genetik atau Anda bukan tipenya. Ini pembunuh. Sebagai hasilnya, memulai program yang sedang berjalan adalah tantangan mental karena bersifat fisik.

Salah satu cara Anda dapat membangun keyakinan kuat dalam diri dan kemampuan Anda adalah dengan memvisualisasikan kesuksesan sepanjang jalan.

Bayangkan diri Anda SEBAGAI JIKA Anda SUDAH mencapai sukses, dan rasakan bagaimana rasanya ketika Anda telah kehilangan berat badan dan menjadi pelari sejati.

Teknik visualisasi telah terbukti efektif dalam memikat pikiran untuk berperilaku dalam pola yang telah ditentukan. Dan itu digunakan oleh atlet top untuk meningkatkan performa di semua jenis olahraga. Jadi mengapa tidak memanfaatkan teknik sederhana ini untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Langkah 2: Berjalan Pertama, Jalankan Kemudian

Berlari bisa sangat berat dan sulit. Tidak ada keraguan tentang itu. Tapi saya punya kabar baik. Jika Anda benar-benar keluar dari kondisi atau tidak melakukan banyak olahraga dalam beberapa tahun terakhir, lari dari pergi belum pilihan terbaik. Alih-alih, Anda harus memilih program berjalan-lari-berjalan (W-R-W) untuk semakin memudahkan tubuh Anda ke dalam pelatihan.

Program W-R-W memiliki banyak manfaat. Ini dapat membantu Anda membangun stamina, meningkatkan daya kardiovaskular, membakar lemak, dan sebagainya. Semua ini sambil menghindari cedera dan kelelahan. Program ini dirancang untuk membantu Anda secara bertahap membangun daya kardiovaskular yang cukup untuk berjalan tanpa masalah kesehatan yang serius.

Inilah cara melakukannya:

Mulailah sesi latihan Anda dengan jalan cepat 5 menit sebagai pemanasan. Setelah pemanasan, jalankan lurus dan dengan kecepatan mudah selama 30-45 detik. Kemudian, istirahat sejenak selama satu menit atau lebih. Istirahat membantu Anda pulih dari berlari. Dan ketika Anda merasa siap, lakukan interval 30-45 detik lagi. Ulangi pola 4-5 kali.

Dan saat Anda semakin bugar dan kuat, Anda harus memperpanjang berlari dan mempersingkat jalan. Aturannya adalah untuk meningkatkan secara bertahap sambil tetap dalam tingkat keahlian Anda. Jika Anda mengabaikan aturan ini, maka Anda hanya mencari cedera dan kekecewaan. Dan tidak ada yang menginginkan itu.

Agar Anda berhasil dengan program yang sedang berjalan – atau latihan lainnya – tubuh dan pikiran Anda harus selaras. Anda bisa konsisten dengan pelatihan Anda jika kepercayaan Anda menghambat Anda, pada saat yang sama, hanya latihan mental tidak akan membuat Anda dimanapun. Karena itu, kunci keberhasilan adalah mengambil tindakan bahkan jika Anda tidak yakin 100%. Kecepatan implementasi adalah segalanya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *