Bertemu dengan banyak orang sekaligus kini dapat dilakukan secara virtual. Kecanggihan teknologi menjadi pendukung untuk kegiatan tersebut. Salah satu aplikasi populer yang banyak digunakan untuk pertemuan virtual adalah aplikasi Zoom Meeting. Tidak hanya digunakan karyawan kantor saja, aplikasi ini mulai banyak digunakan pelajar dan guru untuk kelangsungan proses belajar.

Tetapi sayangnya pertemuan model virtual ini belum menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia sehingga belum banyak yang mengetahui cara mengoperasikan aplikasi Zoom Meeting. Untuk itu, simak cara mendaftar hingga mengoperasikan aplikasi Zoom Meeting berikut ini.

Cara Mendaftar Zoom Meeting

Zoom Meeting dapat dijalankan melalui aplikasi di smartphone atau melalui web resmi atau halaman web Teknolagi. Berikut cara mendaftarkan diri melalui aplikasi atau web resmi.

  1. Download aplikasi Zoom jika kamu belum memilikinya.
  2. Jika sudah, buka aplikasi dan pilih ‘Sign Up’.
  3. Lakukan pengisian email, nama depan dan belakang, centang tanda persetujuan Terms of Service kemudian klik ‘Sign Up’.
  4. Zoom akan mengirimi email untuk aktivasi sehingga email harus aktif. Klik ‘Activate Account’ pada email yang diterima.
  5. Isikan password dan pendaftaranmu telah berhasil.

Pendaftara melalui web resmi juga kurang lebih sama. Bedanya, kamu tak perlu mengunduh aplikasi Zoom dan hanya perlu mengunjungi web zoom.us dan lakukan pengisian yang dibutuhkan dan ikuti langkah yang sama seperti di atas.

Cara Mengoperasikan Zoom Meeting

Cara mengoperasikan Zoom Meeting tergolong mudah dilakukan baik untuk guru maupun pelajar. Berikut langkah untuk membuka pertemuan di Zoom Meeting.

  1. Masuk kea kun Zoom yang dimiliki dengan mengisikan nama pengguna dan password. Baik menggunakan aplikasi di smartphone atau melalui situs web langkahnya sama.
  2. Selanjutnya pilih menu ‘My Personal Meeting ID’ dan mulai dengan mengeklik tombol start.
  3. Undang peserta dengan mengeklik ‘Invite Others’ pada tampilan yang tersedia. Ada dua cara untuk mengundang peserta. Pertama, melalui email. Kedua, dengan mengirimkan salinan link dari halam pertemuan yang dibuat ke masing-masing peserta.
  4. Jika semua peserta telah masuk, ada opsi untuk mengamankan isi pertemuan dengan mencentang ‘Lock Meeting’ melalui menu keamanan.
  5. Klik ‘End Meeting for All’ jika pertemuan telah selesai.

Zoom Meeting dirilis pada 2013 tetapi menjadi populer akhir-akhir ini karena wabah virus corona menyebabkan orang-orang tidak boleh berkerumun. Aplikasi ini telah banyak digunakan orang untuk mempermudah pekerjaan, membantu proses belajar, hingga mengadakan seminar dalam skala besar.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *