Melihat anak memiliki badan gemuk dengan pipi chubby mungkin terlihat menggemaskan. Namun, memiliki bobot yang berlebih justru bisa menjadi boomerang kedepannya. Salah satu masalah yang sering hadir adalah masalah kesehatan sang anak. Beberapa penyebab terjadinya obesitas pada anak biasanya adalah faktor pola makan yang kurang sehat, genetik dari orangtua, minimnya aktivitas atau justru gabungan dari ketiganya.

Rentang usia 5 hingga 12 tahun adalah waktu yang pas untuk melihat perkembangan anak. Jika berat badannya tidak segera diatasi biasanya kecenderungan untuk gemuk saat dewasa pun akan tetap berlanjut. Seiring berjalannya waktu ketika dewasa semakin banyak penyakit yang bisa menyerang orang dewasa. Selain ancaman penyakit, obesitas juga bisa menjadi penyebab kurang percaya dirinya seorang anak bahkan tak jarang menjadi objek bully.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa diambil orangtua untuk mengatasi obesitas yang terjadi pada anak-anak.

  1. Pola makan sehat

Pola makan memiliki peran penting dalam tumbuh kembang setiap anak, menerapkan pola makan yang baik sudah pasti bisa menjadikan anak menjadi lebih baik. Mengatur jadwal makan anak dan memperbanyak makanan yang sehat seperti sayur dan buah pun harus diterapkan. Selain itu membatasi camilan untuk anak juga diperlukan mengingat anak biasanya lebih suka camilan yang manis. Lebih baiknya isi sesi camilan dengan mengonsumsi buah potong.

Jika anda ingin hasil maksimal anda bisa juga mulai menerapkan pola diet seimbang. Gunakan patokan 50% karbohidrat, 30% lemak dan 20% protein. makanan tinggi serat seperti sayur dan buah membuat anak menjadi lebih kenyang dan tidak cepat lapar. Selain itu serat juga baik untuk membakar lemak sehingga mengurangi timbunan lemak dalam tubuh.

  1. Ajak bergerak

Bagaimana juga tubuh yang aktif memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu setidaknya dalam sehari ajaklah anak anda untuk berolahraga atau melakukan aktifitas lainnya sekitar 60-120menit. Jangan pernah membiarkan sang anak bermain gadget seharian penuh. Batasi maksimal 3 jam untuk bermain atau menonton tv.

  1. Motivasi

Anda harus terus berada disisinya dan memberikan pengertian saat memutuskan untuk menyuruh si kecil diet. Jangan sampai mereka berpikir negatif tentang langkah yang anda ambil misalnya saja melarang makan jajanan kesukaan mereka. Beri pujian atau reward tertentu ketika anak anda menunjukkan perkembangan positif seperti misalnya berhasil menurunkan berat badan mereka.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *