Seiring mulai masuknya musim penghujan ada banyak sekali peralatan yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah genset. Musim hujan biasanya identik dengan seringnya pemadaman listrik entah karena adanya pohon tumbang atau gardu yang tersambar petir.

Oleh karena itu daripada anda harus menghentikan aktifitas anda ada baiknya mulai persiapkan genset sebagai cadangan listrik ketika adanya pemadaman. Sebagai contoh pada pertengahan tahun lalu dimana terbakarnya gardu bisa menyebabkan pemadaman listrik hampir 12 jam lamanya, setelah itu pun pada proses perbaikan gardu yang terbakar tersebut juga masih sering dilakukan pemadaman bergilir selama beberapa hari.

Pemadaman listrik yang berulang dan dalam jangka waktu yang panjang tentu menjadi persoalan tersendiri terutama bagi para pekerja yang membutuhkan aliran listrik untuk terus bekerja. Maka membeli genset adalah salah satu cara untuk menekan kerugian karena berhentinya aktifitas.. namun sebelum membeli genset ada baiknya anda mengenali dulu beberapa hal soal genset.

  1. ketahui daya yang dibutuhkan

Genset terdiri dari berbagai macam ukuran output daya. ada baiknya anda membuat daftar peralatan apa saja yang nantinya akan gunakan dan berapa total watt yang dibutuhkan.

Semisal jika total daya yang anda butuhkan adalah 4000watt, maka belilah genset berkapasitas minimal 5000watt. Hal ini untuk berjaga-jaga mengingat ada beberapa mesin yang pada saat pertama kali dinyalakan menyebabkan lonjakan tegangan.

  1. Pilih jenis generator yang sesuai

Setidaknya ada 3 jenis generator yang beredaran dipasaran yakni, tipe portable, home standby dan inverter. Selama ini untuk skala rumahan, orang lebih menyukai membeli jenis portable dan inverter.

Genset inverter memiliki keunggulan suara mesinnya yang lebih tenang seperti halnya genset silent, sementara itu untuk genset portable sering dipilih karena harganya yang jauh lebih murah. namun, perlu diingat penggunaan genset portable tidak boleh sembarangan karena genset ini menghasilkan banyak sekali gas karbon monoksida yang mana jika diletakkan pada ruangan tertutup bisa menyebabkan kematian.

  1. Perhatikan fitur-fitur pada genset

Genset biasanya memiliki beberapa fitur yang ditawarkan, seperti misalnya pada genset yang murah biasanya masih menggunakan sistem tarik untuk menyalalan genset, sementara untuk genset yang sedikit lebih mahal biasanya sudah menggunakan tombol elektrik untuk menyalakannya. Selain itu lihat juga aksesories lainnya sperti roda atau rangka besi tambahan yang ditawarkan.

  1. Pilih Tempat Jual yang Terpercaya

Mungkin ada banyak toko yang menawarkan harga miring untuk beberapa jenis genset jualan mereka pastikan anda memilih tidak hanya berdasarkan harganya tetapi juga dari merk, layanan purna jual, aksesories dan lainnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *