Sebagai orang tua tidak ada salahnya memberikan banyak makanan kepada anak mereka. Tetapi tentu saja dalam batas yang normal. Ketika seorang anak meminta makanan kepada ayah atau ibunya itu hal yang wajar, tapi harus kita perhatikan makanan apa yang diinginkan. Apabila makanan yang diinginkan anak kita adalah makanan-makanan yang tidak sehat seperti junk food, kita harus membatasinya karena bisa menimbulkan obesitas. Obesitas sendiri sebenarnya penyebabnya bukan hanya masalah makanan saja, tetapi bisa juga karena faktor lain seperti gen atau keturunan, obat-obatan yang kurang cocok, pola hidup yang tidak sehat dan masih banyak lainnya. Maka dari itu, dibutuhkan beberapa tips diet bagi anak obesitas.

Sebagai orang tua kita harus perhatikan dengan baik makanan yang dimakan oleh anak kita. Jangan sampai saking sayangnya terhadap anak, kita berikan semua makanan yang dia suka meskipun kita tahu bahwa makanan tersebut tidak baik. Hal tersebut dilakukan agar anak kita tidak sampai terkena obesitas. Tetapi bagi orang tua yang anaknya menderita obesitas, baiknya sebelum semakin parah harus segera dilakukan cara agar obesitas dapat sembuh. Bagi para orang tua yang anaknya menderita obesitas, perhatikan tips diet bagi anak obesitas berikut ini:

  • Selalu sediakan makanan sehat. Sediakan sarapan dengan susu dan sereal sudah cukup. Jus sehat juga baik untuk sarapan atau sore hari. Selalu berikan sayuran di makanan anak anda. Untuk makanan ringan bisa dengan roti gandum dengan mentimun atau tomat.
  • Rajin melakukan kegiatan fisik. Selalu ajak anak untuk dapat bermain di luar rumah, agar anak dapat selalu bergerak.
  • Batasi makanan yang manis dan tinggi lemak
  • Hindari memasak makanan dengan cara digoreng. Apabila ingin mengolah makanan dengan cara digoreng, gunakan minyak yang sehat seperti minyak zaitun.

Peran orang tua sangatlah penting untuk melakukan beberapa tips diet bagi anak obesitas di atas. Dengan dukungan dan perhatian dari ibu dan ayah mereka diet tersebut pasti akan membuahkan hasil. Jangan mudah menyerah dan selalu berikan motivasi agar anak semangat dalam menjalankan dietnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *