Salah satu penyebab banyaknya orang yang mengalami obesitas adalah susahnya mengontrol makanan yang dikonsumsi. Sebenarnya makan banyak tidak selalu menyebabkan obesitas, namun menu makan yang salah dan jumlah berlebih yang membuat tubuh menjadi terus membengkak. Beragam makanan olahan, junkfood serta minuman yang manis adalah kombinasi makanan terburuk untuk tubuh.

Obesitas tidak hanya membuat orang terlihat gemuk saja, namun juga membuat resiko terkena beragam penyakit kronis meningkat. Obesitas bukanlah sesuatu yang terjadi dalam singkat namun karena salahnya pola hidup yang dibiarkan sekian lama. Semakin gemuk seseorang, maka semakin susah pula untuk berjuang menurunkannya kelak.

Berikut ini adalah beberapa minuman yang ternyata bisa menyebabkan berat badan kita naik jika dikonsumsi secara berlebihan dan rutin.

  • Smoothies dan jus

Selama ini banyak yang salah mengira, rajin minum jus akan membuat badan sehat. Secara teori memang benar jus bisa menyehatkan tubuh. Namun, tanpa kita sadari kita selalu memasukkan gula/pemanis tambahan di dalamnya terlebih pada jus buah kemasan. Jadi lebih baik jangan gunakan gula tambahan pada jus yang anda minum, terlebih biasanya dalam buah sudah ada gula alami yang jauh lebih menyehatkan.

  • Kopi

Banyak penelitian membuktikan bahwa meminum kopi dengan benar bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu pembakaran lemak pada tubuh. Namun, menambahkan krimer atau pemanis tambahan yang biasa ada pada kopi sachet justru membuat lebih banyak efek negatif yang akan diterima. Kopi dengan pemanis justru membuat kalori didalamnya melonjak sehingga memicu naiknya berat badan.

  • Soda

Minum soda dengan es di siang hari mungkin memang terasa sangat menyegarkan, namun sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa dalam segelas soda tidak ada nutrisi dan hanya justru membuat gemuk karena tinggi kalori. Selain itu banyak memnium soda juga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung, kanker dan diabetes tipe-2

  • Es krim

Dalam pembuatannya es krim didominasi oleh lemak dari susu dan gula. Menjadikan es krim sebagai makanan penutup bisa menjadi boomerang karena akan menambah kalori yang masuk kedalam tubuh setelah makan berat.

  • Yoghurt  

Beberapa produk yoghurt biasanya mengurangi kandungan kalori didalamnya dengan cara menambahkan gula dan perasa lainnya. Sehingga secara kandungan yang awalnya sudah baik justru memiliki dampak negatif juga, Ada baiknya pilihlah yoghurt plain jika anda sedang melakukan diet.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *