Obesitas adalah kondisi dimana seseorang memiliki berat badan yang melebihi standar kenormalan. Obesitas bisa terjadi karena terlalu banyak kalori yang mengendap di dalam tubuh sehingga menumpuk dalam bentuk lemak. Menurut WHO penyakit obesitas yang menyerang di Indonesia kebanyakan adalah seorang wanita. Orang yang mengalami obesitas dan terbiasa untuk tidak melakukan pergerakan olahraga biasanya akan sulit untuk memulai olahraga secara rutin. Olahraga untuk obesitas sebaiknya dilakukan secara perlahan untuk melatih tubuh agar terbiasa, namun jangan terlalu memaksakan jika tubuh tidak kuat. Olahraga angkat beban dan latihan kekuatan otot merupakan salah satu olahraga yang harus dihindari terlebih dahulu, penyebabnya adalah olahraga itu tidak bisa mengurangi jumlah lemak namun lemak-lemak itu akan berubah menjadi otot sehingga berat badan tidak akan menurun meskipun berolahraga dengan rutin.

Menurut riset kesehatan olahraga untuk obesitas bisa dilakukan mulai dari yang ringan dulu seperti:

  • Berjalan kaki

Mulailah berolahraga dengan berjalan kaki di sekitar rumah terlebih dahulu, meskipun hanya olahraga ringan namun kalori dalam tubuh akan tetap terbakar, karena tubuh berusaha untuk melakukan pergerakan.

  • Jogging

jogging adalah olahraga yang terbaik untuk menurunkan lemak serta mencegah penyakit lain yang ingin menyerang. Jogging harus dilakukan setiap hari sekitar 30 menit untuk membantu penurunan berat badan.

  • Renang

Olahraga ini memungkinkan bisa menurunkan lemak lebih banyak pada penderita obesitas dibandingkan dengan lari. Bukan hanya itu, berenang juga dapat meningkatkan fungsi pernafasan dan membantu menyehatkan paru-paru.

  • Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga ringan yang tidak membentuk otot namun bisa menurunkan berat badan dan bisa membentuk pinggang, perut dan pantat.

Itulah beberapa olahraga untuk obesitas yang bisa diterapkan untuk membantu proses diet. sebenarnya tingkat keberhasilan seseorang dalam menurunkan berat badan tidak hanya dipengaruhi oleh olahraga yang dilakukan, namun keyakinan untuk bisa bertubuh normal kembali adalah kunci utama agar proses bisa berhasil. Perhatian tentang pola makan dan istirahat yang cukup juga akan membantu program diet berjalan dengan lancar.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *