Tidak sedikit orang tua yang berpendapat jika anak yang gendut mencerminkan bagaimana orang tuanya memberikan yang terbaik. Padahal, jika berat badan anak melebihi berat badan sesuai usianya, kondisi anak tersebut dapat dikategorikan sebagai penderita obesitas. Obesitas tidak bisa disepelekan karena dapat memicu penyakit berbahaya seperti diabetes, kanker, stroke, hingga penyakit jantung.

Sebelum hal itu terjadi, kamu perlu mengetahui tips mencegah obesitas pada anak maupun orang dewasa. Berikut ini tipsnya.

  1. Perhatikan nutrisi makanan

Agar obesitas tidak menghinggapi tubuh, kamu perlu memperhatikan nutrisi makanan. Pilihlah makanan yang rendah karbohidrat. Sebagai gantinya, sebaiknya kamu memilih makanan yang tinggi protein. Sebab, makanan tinggi protein dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga pola makan dapat teratur. Makanan berprotein tinggi juga membuat tubuh tetap berenergi seperti biasa.

  1. Mengonsumsi makanan atau camilan sehat

Salah satu hal yang sulit dilepaskan ketika suka makan adalah konsumsi camilan. Agar berat badan tidak berlebih, sebaiknya kamu menyiapkan makanan atau camilan yang sehat. Konsumsilah makanan yang tinggi serat seperti buah atau sayuran. Makanan tinggi serat dapat menunda pengosongan lambung sehingga kamu tidak mudah merasa lapar.

  1. Perhatikan waktu tidur dan cukupi air putih

Penelitian menunjukkan orang yang sering begadang berpotensi besar mengalami obesitas. Hal ini karena mereka lebih sering mengonsumsi makanan daripada yang jam tidurnya teratur. Agar terhindar dari obesitas, sebaiknya miliki jam tidur yang tepat. Jangan lupa, cukupi konsumsi air putih. Karena air putih dapat mengurangi kalori jika dikonsumsi sebelum makan.

  1. Jangan makan terlalu cepat

Kebiasaan yang dapat membuat seseorang mengalami obesitas adalah kebiasaan makan terlalu cepat. Sebab, kebiasaan ini membuat tubuh lebih cepat merasa lapar. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan orang dengan kebiasaan makan cepat memiliki kemungkinan besar menderita berat badan berlebih. Padahal, makan dengan lebih lambat membantu mengurangi asupan kalori.

  1. Lakukan olahraga cardio

Tips terakhir mencegah obesitas yaitu melakukan olahraga atau latihan cardio. Latihan cardio tidak hanya efektif untuk melatih jantung saja, tapi dapat membakar lemak dan menyehatkan kondisi mental juga. Contoh latihan cardio yaitu jalan kaki, berlari, jogging, atau bersepeda.

Selain tips mencegah obesitas di atas, kamu juga perlu menghindari produk makanan olahan jika tidak ingin berat badan naik. Milikilah kebiasaan baik dan pola hidup sehat agar tubuh sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *